Elaborasi Pemahaman 1.1.

1.1.a.7. Elaborasi Pemahaman - Modul 1.1

Rabu, 27 Maret 2024 

Dalam pembelajaran ini, kita akan mengelaborasi pemahaman kita mengenai Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara. Namun sebelum melakukan elaborasi pemahaman bersama instruktur, PGP diminta untuk menuangkan berbagai pertanyaan mengenai materi Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara yang masih ingin digali lebih lanjut pada aktivitas ini. 

 
 
Diharapkan Calon Guru Penggerak dapat mendorong rasa keingintahuannya dalam bentuk pertanyaan mendalam untuk dibahas bersama Instruktur. Jadi, bukan soal seberapa banyak pertanyaan yang disampaikan, namun seberapa pentingkah pertanyaan tersebut bagi Bapak/Ibu dalam menguatkan pemahaman pada Modul 1.1 ini. 

 
Adapun pertanyaan yang saya ajukan: "Bagaimana langkah praktis dalam menerapkan filosofis pemikiran KHD di sekolah?"

Adapun pertanyaan pemantik berikut dapat CGP renungkan sebelum sesi dimulai:

  1. Bagaimana perwujudan ‘menuntun’ yang saya lihat dalam konteks sosial budaya di daerah saya? Perubahan konkret apa yang dapat saya lakukan untuk mewujudkannya?
  2. Mengapa Pendidikan perlu mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman?
  3. Apa relevansi pemikiran KHD “Pendidikan yang berhamba pada anak” dengan peran saya sebagai pendidik?
  4. Bagaimana gambaran proses pembelajaran yang merefleksikan (mencerminkan) pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD)?

Kegiatan elaborasi telah dilaksanakan dengan Instruktur Ibu Anastasia Moertodjo dengan didampingi para Fasilitator termasuk Ibu Sunarti dan oleh Pengajar Praktik saya, yaitu Bapak Andi Prasetya. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 27 Maret 2024 pukul 15.30 s.d. 17.00 WIB. 
 

Dalam kegiatan ini, instruktur memaparkan materi modul 1.1. mengenai Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara dari awal, inti dan akhir dengan penuh semangat, baik dari instruktur maupun para CGP Angkatan 10 dari Kabupaten Grobogan. Dalam kegiatan ini berlangsung secara interaktif dan terjadi diskusi mengenai materi yang sudah dipelajari oleh CGP. Demikian sedikit ulasan dari kegiatan elaborasi pemahaman modul 1.1.



 
 




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1