Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengelaborasi pemahamannya tentang paradigma, prinsip, dan pengujian keputusan.
Pertanyaan Pemantik:
Apa yang ingin saya ketahui lebih lanjut?
Apa yang menarik perhatian saya?
Apa yang belum saya pahami?
Penugasan Mandiri:
Di unit pembelajaran 6 ini, CGP diminta menuliskan beberapa pertanyaan untuk mengelaborasi pemahaman Anda terhadap konsep-konsep yang belum dipahami, hal-hal yang menarik bagi CGP, serta pertanyaan-pertanyaan lanjutan.
Respondent: TRI ADI SUSANTO Submitted on: Thursday, 21 September 2023, 2:40 PM
Eksplorasi Konsep Modul 2.2 – Forum Diskusi Dialog tidak dapat terjadi tanpa kerendahan hati (Paulo Freire) Durasi : 2 JP Moda : Diskusi Daring Asinkron Tujuan Pembelajaran Khusus : CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang penerapan 5 kompetensi sosial - emosional (kesadaran diri, manajemen, kesadaran sosial, keterampilan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab) yang berbasis kesadaran penuh. Bapak/Ibu CGP akan mendapatkan kesempatan untuk mendiskusikan penerapan 5 KSE yang dibutuhkan dalam sebuah kasus bersama para CGP lain. Tujuan dalam diskusi adalah pengembangan gagasan dan pencapaian pemahaman bersama, sehingga dapat memperkuat pemahaman konsep yang lebih baik. Sebelum Anda melakukan diskusi pada waktu yang telah ditentukan, mohon untuk membaca aturan untuk forum diskusi berikut ini : Aturan forum diskusi tertulis: Sebelum kita melanjutkan sesi diskusi, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar diskusi dapat berjalan dengan efektif dan produktif : Setiap C
Pemikiran KHD Monday, 18 March 2024, 7:45 PM oleh: Karyani Reflektif Kritis 1. Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara mengenai pendidikan dan pengajaran? Ki Hajar Dewantara adalah seorang tokoh pendidikan Indonesia yang memiliki pemikiran dan pandangan yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Terdapat tiga hal penting dari Ki Hajar Dewantara terkait pendidikan dan pengajaran, yaitu: Ing Ngarso Sun Tulodho, yang berarti di depan (pimpinan) harus memberi teladan. Ing Madyo Mangun Karso, yang bermakna di tengah memberi bimbingan. Tut Wuri Handayani, yang mengandung arti di belakang memberi dorongan. Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan dan pengajaran harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir. Pendidikan bukan hanya ditujukan bagi individu pembelajar, namun juga kodrat dirinya sebagai bagian integral komunitasnya. Aspek sosial merupakan aspek penting yang menj
1.1.a.5. Ruang Kolaborasi - Modul 1.1 1. Penugasan Kelompok Durasi : 3 JP (135 menit) Moda: Penugasan Kelompok Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat. Instruksi penugasan kelompok CGP membentuk sesuai dengan jumlah CGP yang diampu oleh Fasilitator. Masing-masing kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan Ap a kekuatan konteks sosio-kultural di daerah Anda yang sejalan dengan pemikiran KHD? Bagaimana pemikiran KHD dapat dikontekstualkan sesuaikan dengan nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat pada konteks lokal sosial budaya di daerah Anda? Sepakati satu kekuatan pemikiran KHD yang menebalkan laku murid di kelas atau sekolah Anda sesuai dengan konteks lokal sosial budaya di dae rah Anda yang dapat diterap
Komentar
Posting Komentar