Mulai dari Diri 2.3

2.3.a.3. Mulai Dari Diri - Modul 2.3

Durasi: 1 JP

Moda: Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mampu mengidentifikasi pengetahuan, pengalaman, dan  keterampilan dirinya terkait coaching di konteks pendidikan

Pertanyaan Reflektif sesi mulai dari diri:

Monday, 8 July 2024, 10:54 AM

by KARYANI S.Pd.SD

1.    Ketika menjadi guru, saya pernah diobservasi, baik oleh kepala sekolah, pengawas maupun tim uji kompetensi. Observasi yang dilakukan terkait dengan pembelajaran dan administrasinya. Hal ini merupakan rangkaian dari kegiatan supervisi akademik. Saat itu saya merasa grogi dan kurang percaya diri. Namun karena hal ini bertujuan untuk peningkatan kinerja sebagai guru maka saya tetap harus siap dengan segala kondisi yang saya miliki.

2.    Setelah dilakukan kegiatan observasi, saya merasa lega dan selanjutnya dilakukan wawancara dengan observer/supervisor mengenai kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang saya lakukan untuk evaluasi dan peningkatan atau perbaikan pembelajaran dan administrasinya.

3.    Proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu kita berkembang sebagai seorang pendidik yaitu dengan keteladanan dari observer/supervisor. Dalam kegiatan supervisi hendaknya menyampaikan dengan jujur keadaan yang sebenarnya yang ditemukan dalam proses supervisi kepala pendidik. Sebagai seorang pendidik yang disupervisi seyogyanya menerima dengan senang hati masukan dan tanggapan yang diberikan. Hal ini untuk bahan perbaikan di masa datang.

4.    Jika saat ini menjadi kepala sekolah, dalam melakukan kegiatan supervisi, saya mencapai nilai 7 antara rentang ideal 1 s.d. 10. Saya masih perlu belajar banyak dalam melakukan suervisi. Saya masih membutuhkan proses belajar tentang supervisi dan membutuhkan banyak pengalaman untuk mencapai nilai ideal yang lebih baik yaitu 8, 9 bahkan 10.

5.    Ada beberapa hal yang perlu untuk saya persiapkan agar dapat melakukan kegiatan supervisi dengan ideal dan optimal. Yang pertama yaitu: (a) Pemahaman. Saya harus memahami materi-materi yang berhubungan dengan supervisi; (b) Referensi. Saya membutuhkan banyak contoh atau teladan yang bisa dijadikan panutan sebagai seorang supervisi; dan, (c)  Pengalaman. Pengalaman yang diperoleh melalui praktik supervisi di lapangan untuk dijadikan sebagai bahan refleksi dalam memperbaiki proses supervisi di masa mendatang.

Setelah memaparkan berbagai pernyataan reflektif di atas, harapan terkait modul 2.3. ini yaitu:

  • Harapan saya sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini yaitu mampu memahami seluruh materi yang ada dalam modul ini sehingga dapat saya terapkan dalam praktik baik di lingkungan sekolah.
  • Berbagai kegiatan, materi, manfaat yang saya harapkan ada dalam modul ini yaitu adanya kolaborasi dalam praktik baik tentang coaching supervisi akademik bersama fasilitator, pengajar praktik, instruktur dan bersama rekan rekan CGP lainnya. Materi yang saya harapkan yaitu sesuai dengan kompetensi dan tujuan pembelajaran modul ini. Manfaat yaitu saya dapat menguasai seluruh materi yang ada dalam modul ini sehingga saya dapat menerapkan dengan baik di sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1