Ruang Kolaborasi 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 3.2 - Forum Diskusi 1

Rabu, 14 Agustus 2024

Kelas A : 12.30 - 14.45 WIB
Kelas B : 15.15 - 17.30 WIB


Durasi :  3 JP (135 menit)

Moda: Forum Diskusi 1

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif.

Calon Guru Penggerak, pada sesi pembelajaran 3 kali ini, masuk pada Ruang Kolaborasi. CGP diajak untuk bekerja sama dengan peserta lainnya dalam menyelesaikan tugas kelompok mengidentifikasi sumber daya.

  1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3-4 anggota. Masing-masing kelompok terdiri atas guru dengan jenjang yang berbeda namun berasal dari daerah yang sama atau berdekatan. Tentukan daerah sesuai dengan kondisi lingkungan yang serupa pada masing-masing peserta CGP.
  2. Dari masing-masing sumber daya tersebut, setiap kelompok akan membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya dan menuliskan apa atau bagaimana pemanfataannya.
  3. Membuat daftar cara mengelola sumber daya.
  4. Cara mengelola sumber daya dengan peran guru masing-masing (Misal PAUD/TK, SD, SMP, SMA, SMK)

TAGIHAN: Hasil pemetaan/identifikasi semua aset yang dimiliki daerahnya. Hasil pemetaan/identifikasi bisa dalam  bentuk poster, tabel, mind map, dan lain-lain.

PERTANYAAN PEMATIK

Aktivitas apa saja yang sudah Saudara lakukan di Modul 3.2 sebelum sesi ruang kolaborasi ini?

Jelaskan materi-materi yang sudah Saudara pelajari pada Sesi Eksplorasi Konsep.

Aktivitas yang sudah dilakukan sebelum ruang kolaborasi modul 3.2 yaitu:
1. Mengawali dengan pembelajaran pada alur mulai dari diri.
2. Mengeksplorasi berbagai konsep terkait modul 3.2 yaitu mengenai berbagai aset biotik dan abiotik dan ekosistem dalam proses pendidikan di sekolah.

Dalam diskusi ini saya tergabung dalam Kelompok 2 yang terdiri atas:

  1. Karyani
  2. Nur Wijayat
  3. Retno Asih
  4. Romat Kresnowati

Hal yang didiskusikan terkait dengan potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolah dan mengomunikasikan ide, pikiran dan gagasan dalam forum diskusi asinkronus bersama rekan CGP yang lain.

 TABEL. PEMETAAN IDENTIFIKASI ASET/MODAL

NO.

ASET/MODAL

UNSUR

PEMBERDAYAANNYA

1.

Manusia

Kepala Sekolah

Guru

Staf (tenaga kebersihan, tenaga keamanan, pustakawan)

Murid

Orang tua

Komite sekolah

Pengawas

§  Kualifikasi pendidikan memenuhi persyaratan

§  Memenuhi kompetensi minimal

§  Murid dioptimalkan sebagai pusat pendidikan dan pembelajaran, diberdayakan potensinya.

§  Komite dan orang tua terlibat dalam kebijakan sekolah

§  Memonitorin dan mensupervisi kegiatan di sekolah

2.

Sosial

Kelompok Kerja Guru

Gugus Depan

Usaha Kesehatan Sekolah

KKG PAI

PAGORA

PGRI Ranting

KKKS

§  Kepala sekolah terlibat aktif di organisasi KKKS

§  Para guru terlibat aktif di dalam Gugus Depan, Usaha Kesehatan Sekolah, KKG PAI, PAGORA dan PGRI Ranting

 

3.

Politik

Komunitas praktisi

Pemerintah daerah

DPR

§  Membawa aspirasi sekolah terkait sarpras, meminta bantuan, dll ke Komunitas praktisi, Pemerintah daerah dan DPR

4.

Modal agama dan budaya

Toga (Tokoh agama/ulama)

Lembaga keagamaan

Ponpes

Tradisi/adat istiadat

Perayaan hari besar agama

§  Kerja sama/MoU dengan berbagai Toga (Tokoh agama/ulama), Lembaga keagamaan dan Ponpes

§  Tetap menyelenggarakan berbagai kegiatan tradisi/adat istiadat, perayaan hari besar agama, pesantren kilat)

5.

Fisik

Bangunan/Gedung (Ruang Kelas, Ruang Perpustakaan, Ruang KS/guru, Musholla, Toilet, Ruang UKS, Sanggar)

Kantin

Tempat parkir

Taman (Area bermain)

Lapangan upacara

§  Berbagai bangunan dipastikan dapat berfungsi dengan baik dan digunakan sebagaimana peruntukannya.

§  Jika ada bangunan fisik dll yang rusak ringan segera diperbaiki dan jika rusak sedang bahkan berat mengusulkan rehab lewat bantuan DAK fisik.

6.

Modal Lingkungan/ alam

Udara bersih

Air bersih

Kolam ikan

Tempat pembudidayaan Apotik hidup

§  Kebersihan diperhatikan/dijaga

§  Diberdayakan

§  Dimanfaatkan dengan baik

7.

Finansial

BOSP Reguler

BOSP Kinerja

Tabungan

Hibah

Infaq

Koperasi (KSU)

§  Diperhatikan DAPODIK nya agar BOSP dapat salur sesuai kondisi. BOSP dibelanjakan sesuai RKAS dan penyusunannya memperhatikan Rapor pendidikan.

§  Memanfaatkan koperasi untuk menyediakan ATK dan alat sekolah

§  Tabungan diadakan untuk kegiatan karya wisata

§  Infaq diaplikasikan lewat kegiatan berbagi sembago bagi keluarga kurang berada.

 

3.2.a.5.1 Ruang Kolaborasi Modul 3.2 - Forum Diskusi 2

Kamis, 15 Agustus 2024

Durasi :  3 JP (135 menit)

Moda: Forum Diskusi 2

Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya  di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif

Pada sesi ini, 

  1. Setiap kelompok mempresentasikan hasil identifikasi aset/modal.
  2. Setiap kelompok memberikan umpan balik terhadap presentasi kelompok lain.
  3. Umpan balik yang diberikan berdasarkan beberapa pertanyaan ini: hal paling menarik yang ditemukan, hal yang paling ingin diketahui lebih lanjut lagi, dan  hal yang mungkin sangat tidak berhubungan dengan aset sumber yang sedang kita diskusikan.
  4. Forum diskusi dilakukan menggunakan platform yang memungkinkan seluruh peserta bertatap muka

Hasil Presentasi kelompok 2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1