Ruang Kolaborasi 3.2
3.2.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 3.2 - Forum Diskusi 1
Rabu, 14 Agustus 2024
Kelas A : 12.30 - 14.45 WIB
Kelas B : 15.15 - 17.30 WIB
Durasi : 3
JP (135 menit)
Moda: Forum Diskusi 1
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif.
Calon Guru Penggerak, pada sesi pembelajaran 3 kali ini, masuk pada Ruang Kolaborasi. CGP diajak untuk bekerja sama dengan peserta lainnya dalam menyelesaikan tugas kelompok mengidentifikasi sumber daya.
- Buatlah kelompok yang terdiri atas 3-4 anggota. Masing-masing kelompok terdiri atas guru dengan jenjang yang berbeda namun berasal dari daerah yang sama atau berdekatan. Tentukan daerah sesuai dengan kondisi lingkungan yang serupa pada masing-masing peserta CGP.
- Dari masing-masing sumber daya tersebut, setiap kelompok akan membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya dan menuliskan apa atau bagaimana pemanfataannya.
- Membuat daftar cara mengelola sumber daya.
- Cara mengelola sumber daya dengan peran guru masing-masing (Misal PAUD/TK, SD, SMP, SMA, SMK)
TAGIHAN: Hasil pemetaan/identifikasi semua aset yang dimiliki daerahnya. Hasil pemetaan/identifikasi bisa dalam bentuk poster, tabel, mind map, dan lain-lain.
PERTANYAAN PEMATIK
Aktivitas apa saja yang sudah Saudara lakukan di Modul 3.2 sebelum sesi ruang kolaborasi ini?
Jelaskan materi-materi yang sudah Saudara pelajari pada Sesi Eksplorasi Konsep.
Aktivitas yang sudah dilakukan sebelum ruang kolaborasi modul 3.2 yaitu:
1. Mengawali dengan pembelajaran pada alur mulai dari diri.
2. Mengeksplorasi berbagai konsep terkait modul 3.2 yaitu mengenai berbagai
aset biotik dan abiotik dan ekosistem dalam proses pendidikan di sekolah.
Dalam diskusi ini saya tergabung dalam Kelompok 2 yang terdiri atas:
- Karyani
- Nur Wijayat
- Retno Asih
- Romat Kresnowati
Hal yang didiskusikan terkait dengan potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolah dan mengomunikasikan ide, pikiran dan gagasan dalam forum diskusi asinkronus bersama rekan CGP yang lain.
TABEL. PEMETAAN IDENTIFIKASI ASET/MODAL
NO. |
ASET/MODAL |
UNSUR |
PEMBERDAYAANNYA |
1. |
Manusia |
Kepala Sekolah Guru Staf (tenaga kebersihan, tenaga keamanan, pustakawan) Murid Orang tua Komite sekolah Pengawas |
§ Kualifikasi pendidikan memenuhi persyaratan § Memenuhi kompetensi minimal § Murid dioptimalkan sebagai pusat pendidikan dan pembelajaran, diberdayakan potensinya. § Komite dan orang tua terlibat dalam kebijakan sekolah § Memonitorin dan mensupervisi kegiatan di sekolah |
2. |
Sosial |
Kelompok Kerja Guru Gugus Depan Usaha Kesehatan Sekolah KKG PAI PAGORA PGRI Ranting KKKS |
§ Kepala sekolah terlibat aktif di organisasi KKKS § Para guru terlibat aktif di dalam Gugus Depan, Usaha Kesehatan Sekolah, KKG PAI, PAGORA dan PGRI Ranting
|
3. |
Politik |
Komunitas praktisi Pemerintah daerah DPR |
§ Membawa aspirasi sekolah terkait sarpras, meminta bantuan, dll ke Komunitas praktisi, Pemerintah daerah dan DPR |
4. |
Modal agama dan budaya |
Toga (Tokoh agama/ulama) Lembaga keagamaan Ponpes Tradisi/adat istiadat Perayaan hari besar agama |
§ Kerja sama/MoU dengan berbagai Toga (Tokoh agama/ulama), Lembaga keagamaan dan Ponpes § Tetap menyelenggarakan berbagai kegiatan tradisi/adat istiadat, perayaan hari besar agama, pesantren kilat) |
5. |
Fisik |
Bangunan/Gedung (Ruang Kelas, Ruang Perpustakaan, Ruang KS/guru, Musholla, Toilet, Ruang UKS, Sanggar) Kantin Tempat parkir Taman (Area bermain) Lapangan upacara |
§ Berbagai bangunan dipastikan dapat berfungsi dengan baik dan digunakan sebagaimana peruntukannya. § Jika ada bangunan fisik dll yang rusak ringan segera diperbaiki dan jika rusak sedang bahkan berat mengusulkan rehab lewat bantuan DAK fisik. |
6. |
Modal Lingkungan/ alam |
Udara bersih Air bersih Kolam ikan Tempat pembudidayaan Apotik hidup |
§ Kebersihan diperhatikan/dijaga § Diberdayakan § Dimanfaatkan dengan baik |
7. |
Finansial |
BOSP Reguler BOSP Kinerja Tabungan Hibah Infaq Koperasi (KSU) |
§ Diperhatikan DAPODIK nya agar BOSP dapat salur sesuai kondisi. BOSP dibelanjakan sesuai RKAS dan penyusunannya memperhatikan Rapor pendidikan. § Memanfaatkan koperasi untuk menyediakan ATK dan alat sekolah § Tabungan diadakan untuk kegiatan karya wisata § Infaq diaplikasikan lewat kegiatan berbagi sembago bagi keluarga kurang berada. |
3.2.a.5.1 Ruang Kolaborasi Modul 3.2 - Forum Diskusi 2
Kamis, 15 Agustus 2024
Durasi : 3 JP (135 menit)
Moda: Forum Diskusi 2
Tujuan
Pembelajaran Khusus:
CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk
sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif
Pada sesi ini,
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil identifikasi aset/modal.
- Setiap kelompok memberikan umpan balik terhadap presentasi kelompok lain.
- Umpan balik yang diberikan berdasarkan beberapa pertanyaan ini: hal paling menarik yang ditemukan, hal yang paling ingin diketahui lebih lanjut lagi, dan hal yang mungkin sangat tidak berhubungan dengan aset sumber yang sedang kita diskusikan.
- Forum diskusi dilakukan menggunakan platform yang memungkinkan seluruh peserta bertatap muka
Komentar
Posting Komentar