Ruang Kolaborasi 3.1

3.1.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 3.1 - Kerja Kelompok

Kamis, 1 Juli 2024

Kelas A : 12.30 - 14.45 WIB

Durasi :  3 JP (135 menit)

Moda: Kerja Kelompok 

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat berbagi, berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan.

Calon guru penggerak (CGP) pada kegiatan Ruang Kolaborasi melakukan 2 sesi kegiatan, yaitu kerja kelompok  web meeting


“Sumber berharga yang dimiliki semua guru adalah kesalingtergantungan satu dengan yang lain. Tanpa kolaborasi (kerja bersama), maka pertumbuhan diri kita dibatasi oleh pandangan diri kita masing-masing” (The most valuable resource that all teachers have is each other. Without collaboration our growth is limited to our own perspectives) Robert John Meehan

Pada sesi ini, CGP akan melakukan kerja kelompok melalui web meeting. Dalam kerja kelompok kali ini, CGP diminta untuk dapat kerja bersama (berkolaborasi), untuk mencapai tujuan bersama yaitu menjadi pemimpin pembelajaran yang bijaksana, cekatan dan mandiri pada sekolah/lingkungan masing-masing dalam keterampilan pengambilan keputusan yang memiliki unsur dilema etika.

Panduan tugas:

  1. Setiap kelompok (yang terdiri dari 3 - 4 orang) ditugaskan mencari suatu studi kasus yang berisi suatu unsur dilema etika. Sumber studi kasus pilihan bisa didapatkan dari:
  2. Studi kasus nyata dari salah satu anggota kelompok yang disepakati menjadi studi kasus kelompok untuk dianalisis. Studi kasus nyata (bukan studi kasus anggota kelompok) yang disepakati menjadi studi kasus kelompok untuk dianalisis. Studi kasus nyata yang termuat di sebuah media yang disepakati menjadi studi kasus kelompok untuk dianalisis.
  3. Dari studi kasus pilihan tersebut, tugas setiap kelompok adalah menentukan: Paradigma apa yang digunakan dalam studi kasus pilihan? Prinsip mana yang mendasari pilihan pengambilan keputusan yang diambil? Tahapan pengambilan dan pengujian terhadap studi kasus pilihan, apakah telah tepat, atau belum? Mengapa? Masihkah ada pertanyaan-pertanyaan lanjutan dalam benak, apakah pilihan pengambilan keputusan ini telah tepat?
  4. Setiap anggota kelompok hendaknya membagi pengalaman dan gagasannya dalam pengambilan keputusan terhadap studi kasus pilihan. Perhatikan Daftar Tugas/Checklist yang disiapkan pada tautan berikut di bawah ini, agar lebih mempermudah tugas kelompok dan memastikan unsur-unsur utama dari penugasan kolaborasi:
  5. Tuangkan hasil kerja kelompok ke dalam format presentasi.
  6. Selanjutnya perhatikan rubrik asesmen yang disediakan, untuk penilaian kualitas isi dari studi kasus pilihan (pemilihan paradigma, prinsip dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan) serta bentuk kerja bersama (kolaborasi) yang diperlihatkan pada saat forum diskusi.

 

3.1.a.5.1 Ruang Kolaborasi Modul 3.1 - Forum PRESENTASI

Jumat, 2 Agustus 2024

Durasi :  3 JP (135 menit)

Moda: Forum diskusi

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat berbagi, berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan.

Pada kegiatan ini, setiap kelompok melakukan:

Menggunakan media video conference/zoom meeting, masing-masing kelompok akan menyajikan studi kasus pilihan mereka mengikuti persyaratan yang tertera pada rubrik penilaian yang ditunjukkan di atas.

Setiap kelompok penyaji akan mendapatkan satu kelompok hadirin yang bertugas memberikan tanggapan atau masukan konstruktif atas presentasi kelompok penyaji. Tentunya setelahnya kelompok lain dipersilakan memberikan tanggapan mereka juga.

Kasus:

Di SD Negeri 1 Krangganharjo ada salah seorang wali murid yang memintakan izin anaknya bernama Denis untuk diajak mudik ke Sulawesi dalam jangka waktu dua bulan sampai empat bulan. Bu Sutarti sebagai kepala sekolah di SD Negeri 1 Krangganharjo tidak mengizinkan Denis untuk mudik dalam jangka waktu yang lama. Di sisi lain, Bu Sutarti merasa kasihan terhadap orang tua denis karena sudah 10 tahun tidak mudik dan bertemu dengan keluarga sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk mudik tergolong mahal. Dengan kondisi keuangan keluarga yang terbatas hanya mampu membeli tiket kapal yang tentunya membutuhkan waktu cukup lama untuk sampai ketempat tujuan. Disamping itu untuk kembali lagi juga membutuhkan biaya yang rencananya masih akan diupayakan di kampung halamannya. Bu Sutarti menyarankan kepada orang tua Denis untuk memindahkan saja Denis ke Sulawesi. Namun wali murid tersebut bercerita adanya kemungkinan jika anaknya tidak mampu beradaptasi disana maka akan kembali bersekolah di SD Negeri 1 Krangganharjo.

Daftar Tugas/Checklist Tugas Kolaborasi

No.

Tugas

Ada (A)/

Tidak Ada (TA)

1.

Studi Kasus Pilihan mengandung unsur dilema etika

A

2.

Memuat salah satu paradigma dari 4 paradigma dilema etika

A

3.

Memuat salah satu prinsip dari 3 prinsip dilema etika

A

4.

Memuat 9 langkah pengujian untuk menguji ketepatan pengambilan keputusan

A

5

Memuat hal-hal menarik atau tak terduga yang ditemui dalam menganalisis studi kasus pilihan

A

6.

Hasil penugasan masing-masing anggota telah diserahkan sebelum tenggat waktu

A

7.

Setiap anggota telah menyepakati paradigma, prinsip dan hasil pengujian yang telah disepakati bersama dan siap mempresentasikan ke forum

A

8.

Hasil pengeditan terakhir telah dilakukan masing-masing anggota

A

Hasil Presentasi Kelompok 2

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1