Ruang Kolaborasi Modul 1.2
1.2.a.5.1. Ruang Kolaborasi Modul 1.2
DISKUSI MANDIRI
Durasi : 3 JP
Moda : Diskusi pembuatan karya (Tatap muka maya)
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP merancang kegiatan yang memanfaatkan kekuatan nilai para pihak secara kolaboratif
Setelah mempelajari paparan materi pada bagian ini, Bapak/Ibu telah menjawab pertanyaan pada forum diskusi tertulis secara individu. Gunakan pemahaman dan refleksi pribadi Bapak/Ibu pada forum diskusi tertulis itu untuk berkolaborasi dalam kelompok dan merespon tugas berikut:
Tugas 1. Membuat karya poster/peta pikiran/powerpoint/video
Dalam kelompok, bagaimana saya dapat berkontribusi
dalam merancang SATU kegiatan yang sesuai dengan SATU peran GP yang
kelompok pilih dalam upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai yang telah
dimiliki oleh masing-masing rekan dalam kelompok saya? Susunlah gambaran (rancangan) singkat kegiatan yang berbasis kekuatan nilai setiap anggota kelompok.
Usai kerja kelompok, Bapak/Ibu diajak untuk melakukan refleksi dengan merespon tugas berikut:
Tugas 2. Refleksi
Siapa (1 orang) rekan dalam kelompok saya di Ruang Kolaborasi yang menurut saya sudah memiliki satu nilai yang saya masih perlu kembangkan?. Apakah nilai itu?. Dan mengapa itu penting untuk saya dan proses kolaborasi kelompok?. Tuliskan dalam bentuk surat terimakasih dan apresiatif pada rekan tersebut (untuk nantinya dikirimkan melalui aplikasi pesan singkat).
PRESENTASI KELOMPOK
Durasi : 3 JP
Moda : pertemuan tatap maya
Presentasi Kelas A : Rabu, `7 April 2024, Pukul 15.15 - 17.30 WIB
Setelah menyelesaikan tugas ruang kolaborasi bersama kelompok, CGP pada sesi pertemuan tatap maya ini bersama kelompok mempresentasikan hasil kolaborasi di depan kelompok lain dan fasilitator. Kegiatan presentasi dan diskusi ini dengan pembagian:
Pada kegiatan ini kelompok 3 mempresentasikan pada kesempalatan ketiga. Dalam kegiatan ini mendapat tanggapan dari kelompok lain.
Contoh rancangan kegiatan Nilai dan Peran bersama kelompok 3:
Nilai kolaboratif, inovatif, mandiri dan berpihak pada murid serta dengan peran mendorong kolaborasi, kegiatannya:
- Membentuk kelompok belajar guru
- Berbagai pengalaman dalam wadah tersebut
- Mengoptimalkan wadah kelompok kerja atau belajar guru dalam mewujudkan profil pelajar pancasila.
Komentar
Posting Komentar