Ruang Kolaborasi Modul 1.2

1.2.a.5.1. Ruang Kolaborasi Modul 1.2 

DISKUSI MANDIRI

Durasi : 3 JP
Moda :  
Diskusi pembuatan karya (Tatap muka maya)
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP merancang kegiatan yang memanfaatkan kekuatan nilai para pihak secara kolaboratif

Setelah mempelajari paparan materi pada bagian ini, Bapak/Ibu telah menjawab pertanyaan pada forum diskusi tertulis secara individu. Gunakan pemahaman dan refleksi pribadi Bapak/Ibu pada forum diskusi tertulis itu untuk berkolaborasi dalam kelompok dan merespon tugas berikut:

Tugas 1. Membuat karya poster/peta pikiran/powerpoint/video 

Dalam kelompok, bagaimana saya dapat berkontribusi dalam merancang SATU kegiatan yang sesuai dengan SATU peran GP yang kelompok pilih dalam upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai yang telah dimiliki oleh masing-masing rekan dalam kelompok saya? Susunlah gambaran (rancangan) singkat kegiatan yang berbasis kekuatan nilai setiap anggota kelompok.

Usai kerja kelompok, Bapak/Ibu diajak untuk melakukan refleksi dengan merespon tugas berikut:

Tugas 2. Refleksi 

Siapa (1 orang) rekan dalam kelompok saya di Ruang Kolaborasi yang menurut saya sudah memiliki satu nilai yang saya masih perlu kembangkan?. Apakah nilai itu?. Dan mengapa itu penting untuk saya dan proses kolaborasi kelompok?. Tuliskan dalam bentuk surat terimakasih dan apresiatif pada rekan tersebut (untuk nantinya dikirimkan melalui aplikasi pesan singkat).


PRESENTASI KELOMPOK

Durasi : 3 JP 

Moda : pertemuan tatap maya

Presentasi Kelas A : Rabu, `7 April 2024, Pukul 15.15 - 17.30 WIB 

Setelah menyelesaikan tugas ruang kolaborasi bersama kelompok, CGP pada sesi pertemuan tatap maya ini bersama kelompok mempresentasikan hasil kolaborasi di depan kelompok lain dan fasilitator. Kegiatan presentasi dan diskusi ini dengan pembagian:

Pada kegiatan ini kelompok 3 mempresentasikan pada kesempalatan ketiga. Dalam kegiatan ini mendapat tanggapan dari kelompok lain.


Contoh rancangan kegiatan Nilai dan Peran bersama kelompok 3:

Nilai kolaboratif, inovatif, mandiri dan berpihak pada murid serta dengan peran mendorong kolaborasi, kegiatannya:

  1. Membentuk kelompok belajar guru
  2. Berbagai pengalaman dalam wadah tersebut
  3. Mengoptimalkan wadah kelompok kerja atau belajar guru dalam mewujudkan profil pelajar pancasila.


 
 
 
dan
 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1