Mulai dari Diri 3.2

3.2.a.3. Mulai dari Diri - Modul 3.2

Durasi : 1 JP (45 menit)
Moda: Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus:  Mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.

Respondent: KARYANI

CGP diminta menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini untuk melihat sejauh mana pengetahuan peserta tentang materi kali ini.


Question #1

Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas. Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Sekolah tempat saya bekerja merupakan sebuah ekosistem yang terdiri atas, guru, staf/karyawan, siswa, fisik sekolah dan pelibatan komite serta orang tua/wali siswa serta daya dukung masyarakat.

Question #2

Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah? Yang dapat dimanfaatkan antara lain:

  1. Sumber daya manusia, guru dan staf. 
  2. Teknologi pendukung
  3. Fasilitas dan sarana prasarana
  4. Kemitraan dengan masyarakat dan luar sekolah
  5. Sumber daya alam/lingkungan

 

Question #3

Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Seorang pemimpin atau kepala sekolah yang baik dapat memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan ekosistem sekolah yang sehat dan produktif. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin diingat tentang sosok pemimpin tersebut terkait dengan perannya di ekosistem sekolah dan pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada, seperti:

  1. Memiliki visi dan misi yang jelas
  2. Berkomunikasi dengan baik
  3. Mengelola sumber daya dengan bijaksana
  4. Memotivasi dan menginspirasi
  5. Membangun budaya sekolah yang positif
  6. Melibatkan komunitas sekitar

 

Question #4

Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Pemimpin yang mengoptimalkan semua potensi yang ada baik sumber daya manusia, fisik atau lingkungan dan daya dukung masyarakat. Di sini peran seorang pemimpin dalam memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumber daya yang ada di dalam dan sekitar sekolah haruslah mengacu pada keberlanjutan dan keseimbangan ekosistem secara keseluruhan. Pemimpin yang ideal harus mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk mendukung tujuan pendidikan, sambil mempertimbangkan kepentingan lingkungan dan kesejahteraan sosial.

Question #5

Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.
Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Sebagai guru atau peran lainnya di sekolah, kita memiliki peran penting dalam ekosistem sekolah. Karena guru adalah bagian dari jaringan yang saling terhubung di dalam ekosistem tersebut, dan memainkan peran penting dalam memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk mendukung tujuan pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan siswa.

Sejauh yang dapat saya lihat, Bapak dan Ibu telah memanfaatkan sumber daya yang tersedia di sekolah dengan baik. Mereka terlibat aktif dalam kegiatan yang mendukung pengembangan pendidikan di sekolah, seperti membantu memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler, mengembangkan kurikulum dan materi pembelajaran yang inovatif, serta membantu siswa dalam belajar dan pengembangan keterampilan.

 

Bapak dan Ibu juga bekerja sama dengan staf sekolah lainnya dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekolah. Mereka bekerja sama dengan staf administrasi untuk mengelola penggunaan ruang kelas dan fasilitas sekolah lainnya, serta bekerja sama dengan staf kebersihan untuk memastikan kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.

Question #6

Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

  • Diri sendiri
  • Murid
  • Sekolah

Harapan saya, yaitu:

  1. Diri Sendiri: Saya dapat melakukan pendampingan kepada seluruh komunitas sekolah untuk dapat menggunakan pendekatan reflektif dan interaktif dalam mengelola program dan sumber daya sekolah.
  2. Murid : Murid dapat merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti.
  3. Sekolah: Sekolah dapat memfasilitasi pelibatan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid.

Question #7

Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

Dengan alur Merdeka dalam mempelajari modul ini dapat memahami berbagai hal mengenai pemimpin yang optimal dalam mengelola sumber daya alam yang harapananya dapat bermanfaat khususnya bagi saya sendiri dan komunitas sekolah demi terwujudnya lingkungan sekolah/komunitas sekolah yang dapat memaksimalkan sumberdaya yang ada dan menggali setiap potensi yang dimiliki dari komunitas sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1