Ruang Kolaborasi 2.3

2.3.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 2.3 - Sesi Latihan

Senin, 15 Juli 2024

Durasi:  4 JP

Moda: Kerja kelompok (sesi latihan)

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat membentuk komunitas praktisi dengan sesama CGP untuk berlatih melakukan praktik percakapan coaching dengan alur TIRTA.

  

Percakapan coaching dengan alur TIRTA dan supervisi akademik yang menggunakan paradigma berpikir coaching dapat dibiasakan melalui pembelajaran mandiri dan diskusi. Sekarang saatnya CGP berkolaborasi dengan rekan calon guru penggerak lainnya untuk membentuk  komunitas praktisi secara daring.


Pada sesi latihan ini, CGP bekerjasama dengan satu CGP lainnya untuk berlatih percakapan coaching dengan alur TIRTA dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Secara bergantian, sepasang CGP akan berlatih percakapan coaching dengan model TIRTA baik sebagai coach maupun sebagai coachee. Pada sesi 1, CGP X akan menjadi coach bagi CGP Y. Berikutnya, CGP Y akan menjadi coach bagi CGP X.
  • Topik atau hal yang akan dijadikan bahan percakapan coaching bisa merupakan situasi sehari-hari baik sebagai seorang guru maupun pribadi. Bahkan, bisa merupakan topik yang sangat sederhana.
  • Pastikan langkah-langkah dalam percakapan coaching alur TIRTA dalam berlatih percakapan coaching dipraktikkan dengan baik
  • Setelah bergantian berlatih mempraktikkan percakapan coaching, setiap CGP akan memberikan refleksinya masing-masing dengan format refleksi yang disediakan.

 

Jadwal Pelaksanaan 
Kelas A : 08.30 - 11.30 WIB
Kelas B : 12.30 - 15.30 WIB

 

2.3.a.5.1. Ruang Kolaborasi Modul 2.3 - Sesi Praktik

Selasa, 16 Juli 2024

Durasi:  2 JP

Moda: Praktik (Vicon)

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mempraktikkan alur percakapan coaching TIRTA dan melakukan refleksi terhadap praktik percakapan coaching yang telah dilakukan dengan sesama rekan CGP

Ibu/Bapak calon guru penggerak,

Setelah Anda berlatih dengan rekan Anda, sekarang saatnya untuk mempraktikkan percakapan coaching dan memberikan refleksi mengenai praktik percakapan coaching yang telah dilakukan di dalam kelompok bersama fasilitator. Pastikan Anda sudah berlatih dengan baik. Praktik percakapan coaching ini akan diamati oleh sesama CGP lainnya dan fasilitator. Harapannya, setelah masing-masing pasangan CGP mempraktikkan percakapan coaching dan memberikan refleksinya masing-masing, CGP lain dan fasilitator dapat memberikan umpan balik berdasarkan data dan refleksi mengenai praktik CGP tersebut. Praktik ini juga akan dinilai oleh fasilitator dengan menggunakan rubrik penilaian.


Jadwal Pelaksanaan

Kelas B : 08.30 - 10.00 WIB

Kelas A : 12.30 - 14.00 WIB


Kelompok praktik choaching bersama rekan saya Nur Wijayat. Adapun peran dalam praktik:
1. Choach : Karyani

2. Choachee : Nur Wijayat

Hasil praktik choaching dengan rekan CGP


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1