Eksplorasi Konsep 1.3

 

1.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 1.3


Tujuan Pembelajaran Khusus: 
  1. CGP dapat menjelaskan pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.
  2. CGP dapat menguraikan manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan.

Visi murid impian saya

Sebagai guru tentulah harus memiliki visi ke depan mengenai murid kita. Mau dibawa kemana arah pendidikan dan pengajaran kita bagi para murid harus jelas. Output murid yang seperti apa ke depannya tentulah sangat beragam. 

Visi sebagai guru, saya memiliki impian/pandangan ke depan yaitu: "MEWUJUDKAN MURID YANG MAMPU MENGEMBANGKAN BAKAT MINAT DAN POTENSINYA BERLANDASKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA".

Harapan saya tersebut penting karena kecerdasan dan kepandaian yang terus berkembang harus didasari dengan karakter yang baik.

Yang mencerahkan saya sebagai pendidik di sepanjang proses menyusun visi tersebut yaitu bahwa peran sangat penting sebagai guru karena harus berimprovisasi dan memahami sejauh mana visi misi nantinya dapat terwujud dengan melihat latar belakang murid dan daya dukung yang ada. Hal ini menjadi motivasi bagi saya juga untuk menggali sejauh mana potensi, bakat dan minat murid dalam pembelajaran sehari hari.

Saya membayangkan penerapan inkuiri apresiatif dalam konteks saya sehari-hari sebagai pendidik yaitu selalu untuk menyadari potensi yang dimiliki murid. Dengan latar belakang profil, gaya belajar dan kemampuan dasar yang berbeda tentulah memiliki bakat, minat dan potensi yang berbeda pula. Hal inilah menjadi dasar bagi saya untuk memberikan kebebasan belajar sesuai dengan gaya belajar mereka sehingga tidak membatasi ruang gerak mereka. Saya terdorong untuk selalu memberikan kesempatanmurid terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan keterlibatan mereka tentulah mereka merasa dihargai dan didengankan suara mereka. 

DESAIN B-A-G-J-A

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1