Koneksi Antar Materi 1.2

1.2.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.2

Nilai dan Peran Guru Penggerak

Karyani

(CGP 10 Kabupaten Grobogan)

PERISTIWA

Berbagai peristiwa yang penting atau tantangan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 banyak saya alami. Saat mempelajari modul 1.1. saya banyak mendapatkan pengetahuan mengenai dasar-dasar pendidikan menuntun menurut konsep pemikiran dari Ki Hadjar Dewantara. Dalam modul tersebut dijelaskan banyak mengenai tujuan pendidikan, kodrat alam dan zaman, asas trikon, sistem among dan budi pekerti. Di modul 1.1. saya memperoleh pencerahan bahwa anak bukan seperti tabula rasa. Namun, sejak lahir anak sudah membawa kodratnya masing-masing. Ibaratnya kertas, setiap anak sudah memiliki garis-garis samar. Tugas kita sebagai pendidik adalah menebalkan dan memperjelas garis-garis tersebut agar semakin jelas. Dalam proses menebalkan dan memperjelas garis, pendidik harus mengutamakan konsep menuntun agar proses pendidikan dapat berjalan secara optimal. Selain itu, pendidikan dapat diartikan sebagai upaya untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki setiap anak dengan keberagaman potensi mereka.

Dalam modul 1.2., saya banyak belajar mengenai nilai dan peran guru penggerak. Nilai guru penggerak di antaranya berpihak kepada siswa, mandiri, reflektif, kolaboratif, dan inovatif. Nilai-nilai tersebut harus dimiliki oleh guru penggerak untuk mendukung perannya. Adapun peran guru penggerak adalah menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan siswa, dan menggerakkan komunitas praktisi. Di materi modul 1.2. saya menjadi tercerahkan untuk bisa memiliki dan menguatkan setiap nilai guru penggerak untuk mendukung peran saya sebagai guru penggerak.

Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2. menurut pemahaman saya yaitu bahwa kedua modul tersebut saling mendukung karena memberi pemahaman untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada murid. Modul 1.1. memberi pemahaman secara global tentang dasar dan tujuan pendidikan, yakni tentang proses menuntun kodrat anak agar menjadi manusia yang mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya, sedangkan dalam modul 1.2. dijelaskan tentang nilai dan peran guru penggerak untuk mewujudkan ekosistem pendidikan yang berpihak kepada siswa.

Selanjutnya dapat dibaca di : HASIL KONEKSI ANTAR MATERI 1.2

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1