Ruang Kolaborasi 2.1

2.1.a.5 Ruang Kolaborasi Sesi 1 - Modul 2.1

Ruang Kolaborasi Modul 2.1 (Pembelajaran untuk Memenuhi 

Kebutuhan Belajar Murid)

Sesi 1 (Diskusi kelompok):

Kelas A : Pukul 12.15 - 14.30

Kelas B : Pukul 15.15 - 17.30

Durasi:  3 JP

Moda : Diskusi Daring

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat melakukan refleksi kolaboratif untuk menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi.

Dengan tetap mengacu pada tujuan pembelajaran, CGP diharapkan untuk:

memvariasikan materi berdasarkan kebutuhan belajar murid saya?

memvariasikan struktur, tingkat dukungan, dan tingkat kemandirian saat murid menyelesaikan tugas dan membuat produk hasil pembelajaran?

memvariasikan kompleksitas atau tingkat kesulitan tugas untuk mengakomodasi murid dengan berbagai tingkat kesiapan di kelas?

memvariasikan sifat produk hasil belajar agar murid dapat menyesuaikannya dengan minat mereka? Bagaimana kita bisa memberikan murid kesempatan untuk memilih bentuk ekspresi yang disukai atau yang sesuai gaya belajar mereka?

Dalam sesi pembelajaran ini, CGP akan kembali mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi, namun kali ini bentuknya akan sedikit berbeda, karena CGP tidak hanya akan berdiskusi dengan fasilitator, melainkan dengan sesama CGP.  Ya, sesi kali ini disebut dengan Ruang Kolaborasi. CGP akan mencoba berkolaborasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pembelajaran berdiferensiasi.

Penentuan kelompok ditentukan menurut jenjang. Adapun kali ini tergabung dalam kelompok 2 dengan anggota:

  1. Fitri Setyadi
  2. Karyani
  3. Diyana Setyawati
  4. Anik Purwati

Pada kesempatan ini mendiskusikan mengenai situasi pembelajaran oleh guru sekolah dasar.

Situasi 2 - SD

Pak Dermawan adalah guru Sekolah Dasar. Minggu depan, ia akan mengajar muridmuridnya materi tentang cara kerja salah satu sistem organ tubuh manusia yaitu sistem organ pencernaan. Saat merencanakan pembelajaran, Pak Dermawan mempersiapkan beberapa sumber belajar yang menurutnya akan membantu murid-muridnya belajar sesuai dengan kebutuhannya. Sumber daya belajar yang ia siapkan diantaranya adalah:

1. Sebuah poster diagram yang menunjukkan bagian-bagian organ pencernaan yang dipinjam dari perpustakaan.

2. Berbagai bacaan yang memuat pembahasan tentang bagaimana organ pencernaan bekerja dari beberapa sumber. Ada yang berupa:

- Beberapa buku bacaan dengan tingkat kesulitan berbeda-beda (yang juga ia pinjam dari perpustakaan) yang memuat informasi tentang cara kerja sistem organ pencernaan.

- Artikel yang ia ambil dari majalah anak (kebetulan ada pembahasan tentang sistem pencernaan dengan bahasa yang lebih sederhana).

- Komik sains milik salah satu muridnya (di minggu sebelumnya, ia sudah menanyakan pada murid-muridnya apakah ada yang memiliki sumber belajar yang berhubungan dengan sistem organ pencernaan. Kebetulan, ada satu muridnya yang memiliki komik sains, dan diminta untuk membawanya ke sekolah).

3. Di kelas Pak Dermawan tidak ada komputer. Tetapi Pak Dermawan tetap mencoba mengunduh lewat handphonenya sebuah video singkat yang menjelaskan tentang bagaimana organ pencernaan bekerja. Video ini kemudian ia tonton sebelumnya (untuk memastikan isinya sesuai dan cocok dengan apa yang ia ingin anak-anak pahami), dan kemudian ia simpan di handphonenya tersebut. Rencananya, ia hanya akan menunjukkan video itu melalui handphone jika ada murid tertentu yang masih membutuhkan bantuan lebih.

4. Pak Dermawan juga membuat kartu-kartu pertanyaan yang dapat digunakan untuk membantu murid mengkonstruksi sendiri pemahaman mereka tentang cara kerja sistem organ pencernaan (dengan menjawab pertanyaan)

5. Pak Dermawan lalu mempersiapkan daftar kegiatan lengkap dengan instruksinya.

Misalnya:

- membaca buku/artikel/komik/ dsb;

- mengamati poster/diagram, mendiskusikannya, dan kemudian membuat ringkasan untuk menunjukkan pemahaman tentang isi poster tersebut;

- mewawancarai petugas UKS;

- menjawab kartu-kartu pertanyaan.

Aktivitas-aktivitas tersebut, walaupun berbeda-beda, namun semuanya bertujuan agar murid memahami cara kerja sistem pencernaan.

Dari situasi tersebut akhirnya dilakukan diskusi oleh kelompok 3 yang akan dipresentasikan pada hari Kamis, 27 Juli 2023.

CGP bersama rekan kelompok menganalisis skenario pembelajaran yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi yang beragam seperti situasi 2 tersebut. SKelompok 3 menganalisis  skenario pembelajaran berdiferensiasi dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pemandu berikut ini:

Dari skenario pembelajaran yang telah ditelaah, apakah kebutuhan belajar murid yang berusaha dipenuhi oleh guru tersebut? Bagaimana cara guru tersebut menentukan kebutuhan belajar muridnya?

Strategi pembelajaran berdiferensiasi apa yang digunakan?

Bagaimana guru tersebut melakukan penilaian?

Kegiatan diskusi kelompokdapat dilihat pada gambar berikut ini.

 
 

2.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi Sesi 2 - Modul 2.1

Ruang Kolaborasi Sesi 2 - Modul 2.1

PRESENTASI KELOMPOK

Rabu, 12 Juni 2024

Ruang Kolaborasi Modul 2.1 (Pembelajaran Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid)

Sesi 2 (Presentasi kelompok):

Kelas B : Pukul 12.15 - 14.30

Kelas A : Pukul 15.15 - 17.30

Durasi:  3 JP

Moda : Presentasi

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat melakukan refleksi kolaboratif untuk menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi.


CGP bersama rekan kelompok telah menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk satu materi yang telah dipilih. Selanjutnya, CGP akan bertemu dengan fasilitator dalam kelompok besar dalam ruang virtual yang telah disediakan untuk mempresentasikan hasil analisis skenario implementasi pembelajaran berdiferensiasi dan saling memberikan tanggapan hasil analisa kelompok lain.

Kegiatan akan diakhiri oleh fasilitator dengan menarik kesimpulan tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi.


Berikut ini merupakan hasil analisis kelompok yang telah dibuat dan dipresentasikan.

HASIL PRESENTASI RUKOL 2.1 KELOMPOK 2


 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1