Koneksi antar Materi 2.2

Koneksi antar Materi_Modul 2.2

Beberapa pertanyaan di bawah ini setelah menyelami pengalaman dan  pemahaman saya hingga tahap ini.

  1. Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa …… sehingga…..
  2. Setelah mempelajari modul ini, ternyata ...
  3. Berkaitan dengan kebutuhan belajar dan lingkungan yang aman dan nyaman untuk memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi akademik maupun kesejahteraan psikologis (well-being),  3 hal mendasar dan penting yang saya pelajari adalah ...
  4. Berkaitan dengan no 2, perubahan yang akan saya terapkan di kelas dan sekolah:
bagi murid-murid ...
bagi rekan sejawat...

Hasil refleksi saya:

Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) ini hanya dapat dilakukan oleh guru bimbingan konseling saja. Saya menyadari setelah mempelajari modul ini, ternyata PSE sangat diperlukan oleh semua guru karena sangat dibutuhkan oleh setiap warga sekolah dan lingkungannya. Hal ini saya mulai dari diri saya sendiri. PSE dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Untuk itu memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional agar dapat tercipta 5 KSE. yaitu:

  1. Kesadaran Diri;
  2. Manajemenaran Diri;
  3. Kesadaran Sosial;
  4. Keterampilan Berelasi; dan,
  5. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab.

Untuk melihat kesimpulan dan keterkaitan materi ini dengan modul sebelumnya silakan disimak di link berikut ini:

Refleksi & Koneksi antar Materi_Modul 2.2


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1