Ruang Kolaborasi 1.3

 1.3.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 1.3 

PERNYATAAN PRAKARSA PERUBAHAN

 

Durasi: 3 JP
ModaPenugasan kelompok 

Tujuan Pembelajaran: CGP dapat menyusun rencana BAGJA dari kalimat prakarsa perubahan sebagai bentuk ejawantah visi yang mempertimbangkan profil pelajar pancasila, aset, dan operasionalisasi pencapaiannya.

Menentukan Visi kelompok 2, langkahnya tiap anggota kelompok telah berbagi mengenai visinya masing-masing. Kini, dalam kelompok, putuskan satu visi yang dapat menjadi visi untuk kelompok Bapak/Ibu. Boleh jadi, visi tersebut dipilih satu dari yang telah dibuat anggota kelompok, atau boleh juga visi tersebut merupakan olahan bersama yang terinspirasi dari visi yang telah dibuat anggota kelompok. Yang pasti, kelompok harus menyepakati SATU visi terlebih dahulu.

Visi yang telah disusun itu kemudian kita turunkan menjadi prakarsa-prakarsa perubahan sebagai tonggak-tonggak pencapaian yang akan mengantarkan kita dari waktu demi waktu ke jarak yang lebih dekat dengan visi yang telah kita susun. Untuk itu, tiap kelompok diharapkan dapat berdialog, berdiskusi, dan memutuskan SATU prakarsa perubahan yang harapan perwujudannya dirasakan dekat dengan hati semua anggota kelompok. 

Diskusi tatap muka virtual ini dilakukan secara langsung (sinkronus) dengan panduan dari fasilitator. Bapak/Ibu dalam kelompok harus meramu hasil diskusinya menjadi: SATU visi, SATU kalimat pernyataan prakarsa perubahan, dan SATU rencana BAGJA lengkap dari tahap ke tahap menggunakan kanvas BAGJA. Tiap kelompok perlu melengkapi pertanyaan-pertanyaan yang diperlukan tiap tahapan berikut daftar tindakan/penyelidikan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan di tiap tahap tersebut.

Untuk berdiskusi dalam kelompok klik link breakout room sesuai kelompok yang telah dibuat oleh fasilitator.

Untuk kegiatan dilakukan sesuai jadwal sebagai berikut:

Selasa, 30 April 2024

Kelas A : 15.15 - 17.30 WIB
Kelas B : 19.15 - 21.30 WIB

Dalam diskusi ini saya tergabung dalam kelompok 2 pada Kelas Grobogan 118A1 yang terdiri atas saya sendiri Karyani, Didik Pariyanto, Nur Wijayat, Fitri Setyadi, Arief Budi Cahyono dan Titik Siswantini yang dipandu oleh Fasilitator dan Pengajar Praktik.

 

1.3.a.5.1. Ruang Kolaborasi Modul 1.3 

PRESENTASI DAN UMPAN BALIK

Durasi : 3 JP
Moda :  pertemuan tatap maya 

PRESENTASI PERNYATAAN PRAKARSA PERUBAHAN

Pada tahap berikutnya, dengan panduan fasilitator, CGP mempresentasikan serta saling memberikan umpan balik atas visi, pernyataan prakarsa perubahan, dan rencana BAGJA yang dihasilkan kelompok kepada kelompok yang lain. Diskusi ini dilakukan secara sinkronus. 

Untuk kegiatan melalui vicon tatap maya dengan jadwal

Kamis, 2 Mei 2024

Kelas B : 12.15 - 14.30

Kelas A : 15.00 - 17.15


Untuk hasil Presentasi Kelompok 2 format pdf dapat dilihat di link berikut:

https://drive.google.com/file/d/155AcRwzNdrnmL6_Ia-n5DazYdj65g1cc/view?usp=sharing

Demikian gambaran hasil rukol 1.3 mengenai visi dan peran guru penggerak.


 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1