Demonstrasi Kontekstual 2.1

 2.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1

"Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya.”

(Ki Hajar Dewantara)

Durasi:  3 JP
Moda : Penugasan Mandiri secara asinkron

Tujuan Pembelajaran KhususCGP dapat membuat Rencana pperbedaan antara aktivitas (kegiatan) pembelajaran yang baik versus aktivitas pembelajaran berdiferensiasi yang baik.

Tabel 1. Aktivitas Pembelajaran yang baik versus aktivitas pembelajaran berdiferensiasi yang baik

Tagihan dalam demonstrasi kontekstual kali ini, yaitu membuat RPP Berdiferensiasi dengan ketentuan di bawah ini:

  1. Buatlah rencana pembelajaran untuk salah satu mata pelajaran, atau sesi pembelajaran dalam konteks pembelajaran daring (online learning) atau luring (anda boleh memilih).
  2. Pastikan rencana pembelajaran tersebut dibuat dengan menganalisis kebutuhan belajar murid terlebih dahulu. Menggambarkan penerapan salah satu dari diferensiasi konten, proses atau produk sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan belajar murid. Perhatikan rubrik penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran untuk membantu Anda dalam membuat RPP tersebut.
  3. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengunggah RPP tersebut pada forum ini, dengan format judul/subject: RPP - Nama Anda
  4. Pilih salah satu RPP milik rekan Anda, kemudian berikan umpan balik terhadap RPP tersebut. Catatan: pilih RPP yang belum diberikan umpan balik oleh CGP lain.
  5. Gunakan rubrik penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran untuk membantu Anda dalam memberikan umpan balik terhadap RPP yang dibuat oleh rekan Anda tersebut.
  6. Berikan penilaian dan umpan balik Anda kepada rekan Anda tersebut.
  7. Unggah RPP yang telah dibuat di untuk mendapat umpan balik dan penilaian dari fasilitator.

Contoh : RPP Berdiferensiasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1