Ruang Kolaborasi 2.2
2.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Modul 2.2_Diskusi
Hanya sedikit pekerjaan yang bisa dilakukan sendirian. Namun bersama-sama kita bisa kerjakan banyak hal
(Hellen Keller)
Durasi: 3 JP
Moda: Diskusi Daring Sinkron
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP berkolaborasi dengan rekan CGP lain untuk mendiskusikan ide-ide penerapan pembelajaran 5 KSE bagi murid dan rekan-rekan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah Anda.
Silahkan diskusikan dengan kelompok Anda dalam pertemuan di Ruang Kolaborasi yang pertama. Hasil kolaborasi tersebut akan dipresentasikan di pertemuan kedua.
Pertanyaan pemantik untuk pembelajaran ruang kolaborasi:
- Apakah kekuatan Anda dalam bekerja sama dengan orang lain? Bagaimana Anda mengelola kekuatan tersebut untuk dapat bersinergi dengan CGP lain?
- Apakah kemampuan kerja sama yang ingin Anda tingkatkan dalam diri Anda?
- Apakah ide pembelajaran 5 KSE yang dapat Anda terapkan di kelas dan sekolah Anda?
Jawaban:
1. Kekuatan bekerjasama dengan orang lain yaitu mampu membangun hubungan interaksi atau keterampilan relasi. Dalam mengelola kekuatan tersebut, saya selalu mengedepankan untuk tidak melulu memaksakan pendapat atau kehendak pribadi kepada orang lain melainkan membangun titik temu dengan orang lain mengenai pendapat atau gagasan kita.
2. Kemampuan kerjasama yang ingin saya tingkatkan yaitu mengenai pengambilan keputusan yang bertanggung jawab sehingga dapat menentukan hasil yang positif bagi semua pihak.
3. Ide KSE yang dapat saya terapkan misalnya melalui Penciptaan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah, yang mana melalui pembiasaan melaksanakan 5K.
Setelah mempelajari 5 Kompetensi Sosial-Emosional (KSE), CGP berkolaborasi untuk menguraikan implementasi/penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional untuk murid sesuai dengan kelompok jenjang pendidikan masing-masing yang sudah pernah diterapkan (Kelompok A = Paud – SD Kelas 2; B = SD Kelas 3 – 6; C = SMP Kelas 7 - 9, D = SMA Kelas 10 - 12).
CGP bekerja dalam kelompok bersama guru-guru dari kelompok jenjang pendidikan yang sama. Pada forum ini, CGP saling berbagai ide, mendengarkan ide rekan CGP lain, bertanya, mengklarifikasi pemahaman ataupun miskonsepsi yang mungkin masih ada. Selanjutnya, CGP mempresentasikan hasil kolaborasi dalam kelompok tersebut dalam kelompok besar untuk saling belajar, berbagi, dan menguatkan .
Tugas 3.1:
- Diskusikan dan susunlah 5 ide penerapan 5 KSE sesuai dengan karakteristik jenjang pendidikan yang Anda ampu dan tuliskan dalam tabel 3.1. Anda dapat menggunakan prinsip ATM (amati - tiru dan modifikasi) dari berbagai ide yang sudah Anda pelajari dalam modul maupun sumber lainnya sebagai referensi.
- Susunlah 2 (dua) ide penguatan pembelajaran 5 KSE untuk PTK
- Fitri Setyadi
- Karyani
- Diyana Setyawati
- Anik Purwati
KSE yang dikembangkan | Bentuk Implementasi (Pengajaran Eksplisit/Integrasi Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik/Penciptaan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah ) | Skenario Penerapan | |
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran (apa yang dilakukan dan dikatakan guru) | Deskripsi tambahan: Siapa yang terlibat, di mana, waktu dan durasi, dan kebutuhan/perlengkapan | ||
Kesadaran Diri | Integrasi Praktek Mengajar Bernafas dengan kesadaran penuh. Meminta murid untuk berhenti melakukan kegiatan apapun dan menarik nafas dalam-dalam dan kemudian melepaskannya perlahan-lahan. Lakukan sebanyak 10 kali | Guru meminta murid merasakan pada tubuh, pikiran, dan perasaan mereka setelah melakukan kegiatan tersebut | Yang terlibat semua warga sekolah. Tempat dilaksanakan di sekolah Waktu 10-15 menit Perlengkapan: RPP, Perangkat audio |
Integrasi Praktek Mengajar | Menyambut dengan perkataan yang hangat kepada anak-anak saat masuk kelas/sekolah | Yang terlibat Guru dan Siswa Tempat di kelas Waktu 10-15 Menit Kebutuhan/perlengkapan:RPP | |
Manajemen Diri | Integrasi Praktek Mengajar Dalam pembelajaran kooperatif, murid saling membantu temannya dalam memahami pelajaran, bila ada teman yang belum mengerti bisa dibantu dengan tutor sebaya. | Guru membentuk kelompok belajar siswa sesuai kebutuhannya. | Yang terlibat Guru dan Siswa Tempat di kelas Waktu 15-30 Menit Kebutuhan/perlengkapan:RPP |
Kesadaran Sosial | Iklim Kelas dan Budaya Sekolah RUTIN (waktu khusus di luar kegiatan akademik) | Teknik: Peduli bulan dana PMI dan bulan dana Pramuka Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Guru meminta murid untuk mengumpulkan sumbangan seikhlas mungkin untuk membantu teman yang tidak mampu. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Murid mengumpulkan sumbangan melalui ketua kelas/wali kelas. Penjelasan tentang tujuan : Untuk melatih dan memumbuh kembangkan kompetensi kesadaran sosial (empati) bagi warga sekolah. | Yang terlibat semua warga sekolah. Tempat dilaksanakan di sekolah Waktu 2 hari Perlengkapan: Buku catatan kegiatan |
Keterampilan Relasi | Terintegrasi dalam mata pelajaran | Teknik: pembelajaran kooperatif Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: guru membuat kelompok belajar siswa sesuai kebutuhannya. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: murid saling membantu temannya dalam memahami pelajaran, bila ada teman yang belum mengerti bisa dibantu dengan tutor sebaya. Penjelasan tentang tujuan : murid dapat menumbuhkan rasa empati antara satu murid dengan murid yang lain. | Guru dan Siswa Tempat di kelas Waktu 15-30 Menit Kebutuhan/perlengkapan:RPP, LKPD, Nama-nama kelompok |
Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab | Iklim Kelas dan Budaya Sekolah Pendekatan personal, jika ada murid yang melanggar keyakinan kelas guru memanggil siswa tersebut ke ruang BP/ke kantor diluar jam pelajaran untuk melakukan pendekatan personal. | Setelah bertemu, guru bertanya alasannya dan mencoba memahami serta memberikan solusi, guru juga memberikan nasihat, motivasi, dan konsekuensi agar tidak mengulangi lagi. Membiasakan siswa menerima konsekuensi dan bertanggung jawab dan membangun motivasi agar lebih baik lagi. | Kepala Sekolah, Guru dan Siswa Tempat di kelas Waktu 30-60 Menit Kebutuhan/perlengkapan: Catatan permasalahan siswa, Buku bimbingan dan penyuluhan) |
Bentuk Penguatan (Menjadi Teladan, Belajar atau Berkolaborasi) | KSE yang akan dikembangkan | Skenario Penerapan | |
Deskripsi Kegiatan Penguatan | Deskripsi tambahan: siapa yang terlibat, di mana, waktu dan durasi, dan kebutuhan/perlengkapan | ||
Murid mengumpulkan sumbangan melalui ketua kelas (BERKOLABORASI) | Kesadaran Sosial- keterampilan berempati | Peduli bulan dana PMI dan bulan dana Pramuka Guru dan murid mengumpulkan sumbangan seikhlasnya untuk bulan dana PMI dan bulan dana Pramuka | Yang terlibat semua warga sekolah. Tempat dilaksanakan di sekolah Waktu : 2 hari Perlengkapan: Catatan kegiatan |
5 S : Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun (MENJADI TELADAN) | Keterampilan berhubungan sosial/relasi | Guru menyapa murid dengan ucapan salam dengan ramah dan sopan untuk menimbulkan budaya positif sekolah. Tindakannya yaitu guru menunggu Murid di depan pintu gerbang sekolah dengan mengucapkan salam, tersenyum dan menyapa murid dengan ramah | Yang terlibat semua warga sekolah. Tempat dilaksanakan di sekolah Waktu : 15 menit setiap hari (sebelum masuk sekolah) Perlengkapan: Jadwal rutin piket guru menyambut murid |
Berpakaian rapi (MENJADI TELADAN) | Kesadaran diri | Guru selalu berpakaian rapi dengan atribut lengkap, berpenampilan menarik dan sopan. | Yang terlibat semua warga sekolah. Tempat dilaksanakan di sekolah Waktu : setiap hari Perlengkapan: pakaian seragam dan atribut lengkap |
2.2.a.5.1.Ruang Kolaborasi - Modul 2.2_Presentasi
Jumat, 28 Juni 2024
“Ada kekuatan luar biasa ketika sekelompok orang dengan minat yang sama berkumpul untuk bekerja menuju tujuan yang sama.”
(Idowu Koyenikan)
Durasi: 3 JP
Moda : Presentasi
Tujuan Pembelajaran Khusus: Menguraikan bentuk penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional sesuai dengan jenjang pendidikan masing -masing.
Setelah melakukan analisis dan menyusun 5 ide implementasi pembelajaran 5 KSE dan 2 ide penguatan KSE untuk rekap PTK di sekolah dengan karakteristik jenjang pendidikan yang diampu, dan setelah disikusikan bersama kelompok 2 yang dituangkan pada tabel 3.1 dan tabel 3.2, selanjutnya, CGP bertemu dengan fasilitator dalam kelompok besar dalam ruang virtual yang telah disediakan untuk mempresentasikan tabel yang telah dibuat tadi, dan masing-masing kelompok saling mencermati hasil tabel 3.1 dan tabel 3.2 milik kelompok lain. Kegiatan akan diakhiri oleh fasilitator dengan menutup pembelajaran dan memberikan tugas selanjutnya untuk CGP yaitu berupa refleksi pembelajaran.
Presentasi kelompok 2 mengenai bentuk penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional sesuai dengan jenjang pendidikan sekolah dasar kelas 3-6.
Bahan Presentasi Kelompok 2_Tabel 3.1 dan 3.2
Komentar
Posting Komentar