Ruang Kolaborasi 2.2

2.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Modul 2.2_Diskusi

Hanya sedikit pekerjaan yang bisa dilakukan sendirian. Namun bersama-sama kita bisa kerjakan banyak hal

(Hellen Keller)

Durasi: 3 JP
Moda: Diskusi Daring Sinkron

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

Mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi 5 kompetensi sosial dan emosional di kelas dan sekolah.
 

CGP berkolaborasi dengan rekan CGP lain untuk mendiskusikan ide-ide penerapan pembelajaran 5 KSE bagi murid dan rekan-rekan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah Anda.

 

Silahkan diskusikan dengan kelompok Anda dalam pertemuan di Ruang Kolaborasi yang pertama. Hasil kolaborasi tersebut akan dipresentasikan di pertemuan kedua.

Pertanyaan pemantik untuk pembelajaran ruang kolaborasi:

  1. Apakah kekuatan Anda dalam bekerja sama dengan orang lain? Bagaimana Anda mengelola kekuatan tersebut untuk dapat bersinergi dengan CGP lain?
  2. Apakah kemampuan kerja sama yang ingin Anda tingkatkan dalam diri Anda?
  3. Apakah ide pembelajaran 5 KSE  yang dapat Anda terapkan di kelas dan sekolah Anda?

Jawaban:

1.    Kekuatan bekerjasama dengan orang lain yaitu mampu membangun hubungan interaksi atau keterampilan relasi. Dalam mengelola kekuatan tersebut, saya selalu mengedepankan untuk tidak melulu memaksakan pendapat atau kehendak pribadi kepada orang lain melainkan membangun titik temu dengan orang lain mengenai pendapat atau gagasan kita.

2.    Kemampuan kerjasama yang ingin saya tingkatkan yaitu mengenai pengambilan keputusan yang bertanggung jawab sehingga dapat menentukan hasil yang positif bagi semua pihak.

3.    Ide KSE yang dapat saya terapkan misalnya melalui Penciptaan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah, yang mana melalui pembiasaan melaksanakan 5K.

Selanjutnya, CGP berdiskusi dalam pertemuan di Ruang Kolaborasi yang pertama. Hasil kolaborasi tersebut akan dipresentasikan di pertemuan kedua.

Setelah mempelajari 5 Kompetensi Sosial-Emosional (KSE), CGP berkolaborasi untuk menguraikan implementasi/penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional untuk murid sesuai dengan kelompok jenjang  pendidikan masing-masing yang sudah pernah diterapkan (Kelompok A = Paud – SD Kelas 2; B = SD Kelas 3 – 6; C = SMP Kelas 7 - 9, D = SMA Kelas 10 - 12).

CGP bekerja dalam kelompok bersama guru-guru dari kelompok jenjang pendidikan yang sama. Pada forum ini, CGP saling berbagai ide, mendengarkan ide rekan CGP lain, bertanya, mengklarifikasi pemahaman ataupun miskonsepsi yang mungkin masih ada. Selanjutnya, CGP mempresentasikan hasil kolaborasi dalam kelompok tersebut dalam kelompok besar untuk saling belajar, berbagi, dan menguatkan .

Tugas 3.1:

  1. Diskusikan dan susunlah 5 ide penerapan 5 KSE sesuai dengan karakteristik jenjang pendidikan yang Anda ampu dan tuliskan dalam tabel 3.1. Anda dapat menggunakan prinsip ATM (amati - tiru dan modifikasi) dari  berbagai ide yang sudah Anda pelajari dalam modul maupun sumber lainnya sebagai referensi.
  2. Susunlah 2 (dua) ide penguatan pembelajaran 5  KSE untuk PTK
Ruang Kolaborasi Modul 2.2 (Pembelajaran Sosial Emosional)
Sesi 1 (Diskusi kelompok) Kamis, 26 Juni 2024
Kelas A : Pukul 12.30 - 14.45
Kelas B : Pukul 15.30 - 17.45


Dalam kegiatan diskusi kali ini, saya tergabung dalam kelompok 2 yang terdiri atas:         
  1. Fitri Setyadi
  2. Karyani
  3. Diyana Setyawati
  4. Anik Purwati
Berikut ini hasil diskusi kelompok 2: Tabel 3.1 dan 3.2 (Jenjang SD Kelas 3-6)
Tabel 3.1. Ide Implementasi Pembelajaran  Sosial dan Emosional untuk Murid

KSE  yang dikembangkan

Bentuk Implementasi

(Pengajaran Eksplisit/Integrasi Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik/Penciptaan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah )

Skenario Penerapan

Deskripsi Kegiatan Pembelajaran

(apa yang dilakukan dan dikatakan guru)

Deskripsi tambahan: Siapa yang terlibat,  di mana, waktu dan durasi,  dan kebutuhan/perlengkapan

Kesadaran Diri

Integrasi Praktek Mengajar

Bernafas dengan kesadaran penuh. Meminta murid untuk berhenti melakukan kegiatan apapun dan menarik nafas dalam-dalam dan kemudian melepaskannya perlahan-lahan. Lakukan sebanyak 10 kali

Guru meminta murid merasakan pada tubuh, pikiran, dan perasaan mereka setelah melakukan kegiatan tersebut

 

Yang terlibat semua warga sekolah.

Tempat dilaksanakan di sekolah

Waktu 10-15 menit

Perlengkapan: RPP, Perangkat audio

Integrasi Praktek Mengajar

Menyambut dengan perkataan yang hangat kepada anak-anak saat masuk kelas/sekolah

Yang terlibat Guru dan Siswa

Tempat di kelas

Waktu 10-15 Menit

Kebutuhan/perlengkapan:RPP

Manajemen Diri

Integrasi Praktek Mengajar

Dalam pembelajaran kooperatif, murid saling membantu temannya dalam memahami pelajaran, bila ada teman yang belum mengerti bisa dibantu dengan tutor sebaya.

Guru membentuk kelompok belajar siswa sesuai kebutuhannya.

Yang terlibat Guru dan Siswa

Tempat di kelas

Waktu 15-30 Menit

Kebutuhan/perlengkapan:RPP

Kesadaran Sosial

Iklim Kelas dan Budaya Sekolah

 

RUTIN (waktu khusus di luar kegiatan akademik)

Teknik:   Peduli bulan dana PMI dan bulan dana Pramuka

 

Penjelasan    tentang apa  yang dilakukan guru: Guru meminta murid untuk mengumpulkan sumbangan seikhlas mungkin untuk membantu teman yang tidak mampu.

 

Penjelasan    tentang   apa  yang dikatakan  pada  murid:

Murid mengumpulkan sumbangan

melalui ketua kelas/wali kelas.

 

Penjelasan    tentang   tujuan   : Untuk melatih dan memumbuh kembangkan kompetensi kesadaran sosial (empati) bagi warga sekolah.

Yang terlibat semua warga sekolah.

Tempat dilaksanakan di sekolah

Waktu 2 hari

Perlengkapan: Buku catatan kegiatan

Keterampilan Relasi

Terintegrasi dalam mata pelajaran

Teknik:  pembelajaran kooperatif

 

Penjelasan  tentang  apa yang dilakukan guru: guru membuat kelompok belajar siswa sesuai kebutuhannya.

 

Penjelasan  tentang  apa yang dikatakan pada murid: murid saling membantu temannya dalam memahami pelajaran, bila ada

teman yang belum mengerti bisa

dibantu dengan tutor sebaya.

 

Penjelasan  tentang  tujuan : murid dapat menumbuhkan rasa  empati

antara satu murid dengan murid yang lain.

Guru dan Siswa

Tempat di kelas

Waktu 15-30 Menit

Kebutuhan/perlengkapan:RPP, LKPD, Nama-nama kelompok

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

Iklim Kelas dan Budaya Sekolah

Pendekatan personal, jika ada murid yang melanggar keyakinan kelas guru memanggil siswa tersebut ke ruang BP/ke kantor diluar jam pelajaran untuk melakukan pendekatan personal.

Setelah bertemu, guru bertanya alasannya dan mencoba memahami serta memberikan solusi, guru juga memberikan nasihat, motivasi, dan konsekuensi agar tidak mengulangi lagi. Membiasakan siswa menerima konsekuensi dan bertanggung jawab dan membangun motivasi agar lebih baik lagi.

Kepala Sekolah, Guru dan Siswa

Tempat di kelas

Waktu 30-60 Menit

Kebutuhan/perlengkapan: Catatan permasalahan siswa, Buku bimbingan dan penyuluhan)


Tabel 3.2 Ide Penguatan Kompetensi Sosial dan Emosional untuk Rekan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)  di Sekolah 

Bentuk  Penguatan

(Menjadi Teladan, Belajar atau Berkolaborasi)

 

 

KSE yang akan dikembangkan

 

 

Skenario Penerapan

Deskripsi Kegiatan Penguatan

Deskripsi tambahan:  siapa yang terlibat,  di mana, waktu dan durasi,  dan kebutuhan/perlengkapan

Murid mengumpulkan sumbangan melalui ketua kelas

 

(BERKOLABORASI)

 

Kesadaran Sosial- keterampilan berempati

Peduli bulan dana PMI dan bulan dana Pramuka

 

Guru dan murid mengumpulkan sumbangan seikhlasnya untuk bulan dana PMI dan bulan dana Pramuka

Yang terlibat semua warga sekolah.

Tempat dilaksanakan di sekolah

Waktu : 2 hari

Perlengkapan: Catatan kegiatan

5 S : Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun

(MENJADI TELADAN)

 

Keterampilan berhubungan sosial/relasi

Guru menyapa murid dengan ucapan salam dengan ramah dan sopan untuk menimbulkan budaya positif sekolah. Tindakannya yaitu guru menunggu Murid di depan pintu gerbang sekolah dengan mengucapkan salam, tersenyum dan menyapa murid dengan ramah

Yang terlibat semua warga sekolah.

Tempat dilaksanakan di sekolah

Waktu : 15 menit setiap hari (sebelum masuk sekolah)

Perlengkapan: Jadwal rutin piket guru menyambut murid

Berpakaian rapi

(MENJADI TELADAN)

 

Kesadaran diri

Guru selalu berpakaian rapi dengan atribut lengkap, berpenampilan menarik dan sopan.

Yang terlibat semua warga sekolah.

Tempat dilaksanakan di sekolah

Waktu : setiap hari

Perlengkapan: pakaian seragam dan atribut lengkap

2.2.a.5.1.Ruang Kolaborasi - Modul 2.2_Presentasi

Jumat, 28 Juni 2024
“Ada kekuatan luar biasa ketika sekelompok orang dengan minat yang sama berkumpul untuk bekerja menuju tujuan yang sama.” 

(Idowu Koyenikan)

Durasi:  3 JP
Moda : Presentasi

Ruang Kolaborasi Modul 2.2 (Pembelajaran Sosial Emosional)
Sesi 1 (Presentasi kelompok)
Kelas A : Pukul 08.45- 11.00
Kelas B : Pukul 12.30 - 14.45

Tujuan Pembelajaran Khusus:  Menguraikan bentuk penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional sesuai dengan  jenjang  pendidikan masing -masing.


 Setelah melakukan analisis dan menyusun 5 ide implementasi pembelajaran 5 KSE dan 2 ide penguatan KSE untuk rekap PTK di sekolah dengan karakteristik jenjang pendidikan yang diampu, dan setelah disikusikan bersama kelompok 2 yang dituangkan pada tabel 3.1 dan tabel 3.2, selanjutnya, CGP bertemu dengan fasilitator dalam kelompok besar dalam ruang virtual yang telah disediakan untuk mempresentasikan tabel yang telah dibuat tadi, dan masing-masing kelompok saling mencermati hasil tabel 3.1 dan tabel 3.2 milik kelompok lain

Kegiatan akan diakhiri oleh fasilitator dengan menutup pembelajaran dan memberikan tugas selanjutnya untuk CGP yaitu berupa refleksi pembelajaran.

Presentasi kelompok 2 mengenai bentuk penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional sesuai dengan  jenjang  pendidikan sekolah dasar kelas 3-6.

Bahan Presentasi Kelompok 2_Tabel 3.1 dan 3.2






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1