Lokakarya Orientasi

KEGIATAN LOKAKARYA ORIENTASI

PENDIDIKAN CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 10

KABUPATEN GROBOGAN

Minggu, 24 Maret 2024

Isi Kegiatan:

  • Pemahaman bermaknaProses belajar di Pendidikan Guru Penggerak merupakan perjalanan pengembangan kompetensi dan dilakukan dengan melibatkan ekosistem sekolah
  •  Produk yang dihasilkan:
  1. Kesepakatan Peran CGP dan Kepala Sekolah
  2. Peta posisi diri
  3. Rencana Pengembangan Kompetensi CGP
 
        Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila Yakni peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri.
 

        Orientasi CGP angkatan 10 ini bertujuan  memberi pemahaman tentang Program Guru Penggerak, memahami alur belajar Guru Penggerak, memahami dukungan yang perlu diberikan oleh Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Dinas Pendidikan selama program berlangsung selama 6 bulan kedepan. Selain itu dalam kegiatan ini dapat diketahui harapan dan kekhawatiran dari Kepala Sekolah mengenai CGP yang sedang menempuh pendidikan agar memperoleh titik temu antara CGP dengan Kepala Sekolah sehingga memperlancar kegiatan pendidikan guru penggerak dan kegiatan di sekolah tidak terganggu.


        Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMA Negeri 1 Purwodadi pada hari Minggu, 24 Maret 2024 dan diikuti oleh 193 orang CGP, 32 Pengajar Praktik, 180 Kepala Sekolah, 20 Pengawas Sekolah, 6 Unsur Dinas, 10 orang BBGP. Orientasi tersebut dilaksanakan dengan Model Pembelajaran terbagi ke dalam kelas-kelas tiap kelas didampingi 3  Pengajar Praktek dengan pembiayaan oleh BBGP Jawa Tengah.


 

        Dalam kegiatan ini, sebagai CGP saya mengikuti kegiatan sesuai kelas telah ditentukan, yaitu di kelas H bersama 3 orang pengajar praktik yang mendampingi. Rekan-rekan CGP mengikuti dengan antusias dan saling bertukar pengalaman atau berbagi mengenai kegiatan pembelajaran maupun lainnya.


Demikian juga berbagi mengenai pemanfaatan IT dalam pembelajaran termasuk pengenalan google sites maupun kegiatan vlog/blog yang pernah dilakukan menjadi bekal dalam penyelesaian tagihan dalam kegiatan pendidikan guru penggerak.
 



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep 2.2

Mulai dari diri Modul 1.1.

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1